Kamis, 15 Oktober 2009

sepuluh petujuk untuk mengatasi pesimisme

tulisan ini saya dedikasikan untuk kawan saya, sahabat saya, teman satu perjuangan menimba ilmu di psikologi UNS, Rades Rasyidana, bukan bermaksud yg bagaimana tapi hanya untuk memberinya sedikit semangat baginya. kekhawatiran yang kadang kamu rasakan itu hanya sebagian kecil saja yang berpengaruh pd mu, kekhawatiran itu dimiliki semua orang namun janganlah berlebihan dana,,,karena kamu sendiri tau kalau rasa khawatir yang kamu rasakan itu sebenarnya tak perlu mendatangimu dan membuatmu lebih khawatir lagi (baca:stag).
dana, kita tau kalau kamu pasti bisa jalani semuanya dengan baik dan lancar-lancar saja .
Sepuluh petunjuk mengatasi pesimisme ini, saya ambil dari tulisan D.H. Gulo, yang berisi:
1. kalau saudara semakin mengharapkan kegagalan maka kegagalan semakin besar kemungkinannya menimpa saudara sebagai akibat pengharapan saudara yang negatif. oleh karena itu setiap saat selalulah berpikir positif. pengharapan dan optimisme mengundang keberhasilan.
2. cobalah mencari sesuatu yang positif walaupun dalam kegiatan yang tak menyenangkan. dengan berbuat demikian saudara akan meningkatkan apa yang hanya kelihatan sebagai kemungkinan kecil untuk berhasil karena saudara bertindak secara lebih optimis dan lebih dinamis.
3. cobalah menerima kegagalan dengan rasa humor. setiap orang yang punya rasa humor sanggup dengan mudah mengatasi suatu kejadian yang negatif dan pesimis timbul kalau kurang rasa humor.
4. jangan terlalu memikirkan persoalan saudara terlalu dalam. jangan, walaupun dalam khayalan saudara memperlihatkan hasil yang negatif tapi arahkan semua kekuatan saudara pada tindakan yang berhasil.
5. dalam situasi bagaimanapun juga cobalah mendapatkan sikap yang paling positif. anda akan mendapatkan tidak lama saudara akan mendapat sukses kecil disana-sini. dan itu selanjutnya akan menghidupkan kepercayaan pada diri saudara sendiri.
6. jangan menggunkana pesimisme saudara sebagai penyangga untuk melindungi saudara dari kekecewaan yang mungkin terjadi. ini adalah kelemahan yang harus saudara perangi sampai habis.
7. kalau anda gagal memecahkan persoalan jangan dihiraukan berapa banyak kesalahan anda tapi carilah pemecahan yang benar. kesalahan mematahkan semangat dan mengakibatkan turunnya kepercayaan dalam memecahkan persoalan masa depan. jika dalam sepuluh, salah lima buah apa yang saudara dapatkan adalah lima pemecahan benar dan lima pemecahan yang salah.
8. dalam waktu senggang cobalah saudara menemui orang-orang yang optimis dan perhatikanlah tingkah laku mereka. dengan memperhatikan mereka saudara akan mempelajari bagaimana menanamkan sikap yang optimis dan lebih lagi secara tidak disadari api optimisme akan menyala dalam diri anda.
9. selalu ingat bahwa pesimisme bukanlah sifat bawaan. seperti kebanyakan sifat manusia lainnya, pesimisme dapat dikurangi atau diubah menjadi satu sikap mental yang baru yang bernama optimisme.
10. jika sikap optimis mengakibatkan sukses, maka berilah penghargaan pada kenyataan bahwa karena optimismelah saudara berhasil.

jadi, ayo dana kamu pasti bisa. bukan hanya buat kamu tapi khususnya lagi buat diriku sendiri agar bisa selalu optimis apapun dan bagaimanapun yang terjadi.
semangat kita selesaikan skripsi kita. tjayo kawan-kawanku semua.

4 komentar:

Nit-Nut Blogg mengatakan...

ku buat spesial buat dana yg slau mw nerima aku di kosnya...kali ini kita wajib optimis dandan

rasyidana mengatakan...

yupsss, makasihh nitnut
share optimis n supportnya yahhh

hayukk, kapn pijamas party lagee?

Wasyoko mengatakan...

selalu action itu kuncinya dan terus berusaha.artikelnya bagus.

KALIMOSODO net mengatakan...

mantab n bagus bngt